Minggu, 02 April 2017

Top 8 Wisata Kuliner Belitung, Susah Kalo mau Nolak!

Hi Travellers, mau ke Belitung tapi belum tau disana mau kuliner apa? Cek dulu top 8 wisata kuliner Belitung yang susah ditolak!


Wisata Kuliner Belitung Yang Selalu di Hati
Selain menikmati pemandangan alam yang indah, ternyata Pulau Belitung merupakan surga kuliner. Segarnya hasil laut membuat kita mudah sekali lapar mata. Dan ternyata banyak pula kuliner belitung yang hanya akan Kalian jumpai di Belitung! Enggak bakal ada di kota Kalian! Emang makanan apa sih? Kog terdengar eksklusif banget ya?

Berikut ini top 8 wisata kuliner Belitung yang susah banget di tolak :

#1 Mie Belitung

Salah satu wisata kuliner Belitung yang wajib di coba saat wisata ke Pulau Belitung adalah Mie Belitung. Rumah makan yang paling terkenal di Pulau Belitung adalah Mie Belitung Atep yang ada di jalan Sriwijaya. Porsi yang mungil pas banget buat mengawali pagi kalian sebelum memulai wisata Belitung.
Credit Image to www.pegipegi.com

Rahasia yang membuat Mie Belitung ini enak adalah kuah kari udangnya yang gurih dan kental. Mie yang kenyal dan empuk dicampur dengan udang, tahu, tauge, emping dan cabai rawit khas Belitung bener – bener bikin kalian ketagihan

#2 Rumah Makan Timpo Duluk

Ketika memasuki rumah makan yang satu ini, kalian akan disuguhkan banyak barang yang tergantung di tembok. Dinding kanan kiri terdapat alat – alat pertanian, perikanan, sepeda dan masih banyak lagi yang lain yang sengaja di gantung di tembok. Konsep “old style” rumah makan ini semakin kental terasa dengan menu makanan dan cita rasa masakannya.
Credit Image to www.detik.travel.com

Pengunjung seakan dibawa kembali ke masa Pulau Belitung jaman dahulu kala. Disini, pengunjung bisa mencoba cara makan khas orang Belitung yaitu makan bedulang. Makan bedulang merupakan makan bersama dalam satu dulang. Cara makan ini juga merupakan adat istiadat Pulau Belitung yang menjadi ciri khas rumah makan ini. Rumah Makan Timpo Duluk ini selalu menjadi incaran wisatawan yang berwisata ke Pulau Belitung.



#3 Sup Gangan


Perpaduan rasa ikan yang agak berlemak dengan aroma kunyit yang tajam, cabai rawit yang pedas, rasa asam yang nikmat ditambah dengan potongan nanas muda yang segar menjadikan sup gangan ini terasa gurih, asam dan pedas nikmat. 


Credit Image to www.gamaholiday.com

Sup Gangan ini merupakan makanan tradisional di Pulau Belitung. salah satu rumah makan yang menyajikan Sup Gangan yang nikmat adalah Rumah Makan Amat di kawasan Pelangi Lake Resort Desa Tanjung Tinggi.

#4 Suto Belitung

Bentuknya memang agak mirip sama Ketupat sayur, tapi rasanya beda banget. Kuah Suto Belitung ini agak mirip dengan mie Belitung, kuah kari iga sapi yang agak kental dicampur irisan daging. Rasanya juara banget deh pokoknya!
Credit Image to www.travellingyuk.com

Salah satu rumah makan yang menjual Suto Belitung ini adalah Warung Suto Belitung “Mak Janah” yang ada di Pasar Tanjung Pandan. Sedikit info aja, warung makan Mak Janah ini sudah ada sejak tahun 1925. Indonesia aja belum merdeka, Mak Janah udah jualan Suto Belitung guys!


#5 Kepiting Saus Padang Dynasty Resto

Menu makanan yang satu ini spesial hanya ada di Dynasty Resto, Belitung. Lokasinya berada di jalan Susilo, hanya 2 km dari pusat kota Tanjung Pandan. Resto nya lumayan besar dan mereka juga menyediakan tempat untuk jasa wedding hall.
Credit Image to www.pandan houseblog.wordpress.com

Menu favorit yang wajib banget Kamu pesen adalah kepiting saos padang. Saos padang emang kedengerannya biasa aja kan? Tapi Kalian wajib banget cobain yang ada di Belitung. Dari gigitan pertama saja, Kalian bakal tahu bedanya! Cita rasa wisata kuliner Belitung selalu terasa mewah dan luar biasa karena bahan bakunya yang segar dan racikan bumbu rahasianya yang nampol banget!

#6 Ketam Isi

Cara memasaknya terdengar mudah tapi sebenarnya lumayan rumit juga. Jadi, daging kepiting rajungan di pisah dari kulitnya, lalu daging kepiting tersebut dicampur dengan bumbu dapur, bawang daun dan telur lalu di masukan kembali ke cangkang kepiting. Terdengar mudah ya? Tapi percayalah memisahkan daging kepiting dari tulang tipis nya lumayan rumit dan butuh ketekunan! Kalau Kamu sudah jauh – jauh ke Belitung, wajib banget bawa oleh – oleh ketam isi!
Credit Image to travel.tribunnews.com

Ketam isi ini merupakan kuliner istimewa khas Belitung yang enak banget. Karena hasil laut yang melimpah, warga lokal Belitung menyiasati rajungan – rajungan ini menjadi tambahan pemasukan buat mereka. Come on, Support local!

#7 Es Jeruk Konci

Nah ini nih, partner paling serasi sama semua makanan! Es Jeruk Konci ini terbuat dari jeruk kecil yang rasanya asem banget. Buat Kalian yang enggak suka asem, bisa ditambahin gula sesuai selera. Kayaknya enggak cukup satu deh kalau minum es Jeruk Konci ini!
Credit Image to www.budaya-indonesia.org

8 menu wisata kuliner Belitung ini bener - bener asli kesukaan setiap pergi ke Belitung. Bubuk kopi Kong Djie sih pasti banget aku bawa pulang buat orang rumah dan temen - temen deket. Ketam isi juga wajib banget dibungkus. Tempo hari aku kasih ke saudara juga mereka bilang enak banget dan thank you banget udah dibawain kepiting. Secara kepiting di Bandung mahal banget, jadi mereka happy banget dibawain oleh - oleh kepiting. 
Penasaran mungkin bawain oleh - oleh kuliner Belitung buat calon mertua? Hmmm....






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bosen Nge-Mall Mulu? Top 8 Wisata Purwakarta Ini Bisa Jadi Ide Buat Menghabiskan Weekend

Hi Travellers! Weekend bosen ga kalau nge-mall mulu? 8 wisata Purwakarta ini bisa jadi ide cemerlang buat menghabiskan weekend Kalian! Wi...