Selasa, 28 Maret 2017

Oh Ternyata.. 8 Tempat Wisata di Pulau Belitung Ini ......

Hi Traveller! Kalo Kamu berkesempatan Jalan – jalan ke Pulau Belitung, 8 tempat wisata di Pulau Belitung ini wajib Kamu datangi! Kabarnya ....

Profil Tempat Wisata Pulau Belitung, Primadona Baru Indonesia

Pulau Belitung merupakan sebuah destinasi yang memiliki potensi wisata yang tidak kalah indah dengan pulau lainnya di Indonesia. Salah satu potensi tempat wisata di Pulau Belitung yang mampu menarik banyak wisatawan adalah keindahan pantainya yang luar biasa. Tidak hanya menawarkan pemandangan laut yang biru membentang, namun pulau Belitung juga memiliki hamparan pasir yang lembut berkilauan.

Sudah jauh – jauh main ke pulau Belitung, ada baiknya Kamu mengetahui tempat mana saja yang wajib Kamu datangi. Tidak hanya pantai, di pulau Belitung juga menawarkan tempat wisata yang tidak kalah indahnya. Buat Kamu yang menyukai ketenangan, daerah yang sepi dan tidak padat penduduk, Kamu pasti suka banget jalan – jalan ke pulau Belitung!

#1 Pantai Tanjung Tinggi

Diantara pantai lainnya, keberadaan Pantai Tanjung Tinggi ternyata jauh lebih populer dari Pulau Belitung itu sendiri. Hal ini karena Pantai Tanjung Tinggi pernah menjadi latar tempat film ternama Laskar Pelangi. Foto – foto ala selebgram juga bisa Kamu coba saat berkunjung ke pantai Tanjung Tinggi.
Taken by Jeffry Susanto

Keindahan alam yang ditawarkan Tanjung Tinggi tidak hanya dapat dilihat pada air lautnya yang jernih berwarna biru membantang. Namun juga terletak pada pasir pantainya yang putih dan berkilauan. Selain itu, pantai ini dipenuhi batu granit besar namun memiliki tekstur cukup halus. Sehingga sembari menikmati air laut dan pasirnya, Kamu juga bisa bermain di atas batu granit seperti yang dilakukan Ikal dan kawan-kawan dalam Film Laskar Pelangi. Wisata Belitung yang satu ini juga terkenal dengan nama Pantai Laskar Pelangi.

#2 Pantai Tanjung Pendam

Ada yang pernah bilang “It’s impossible to watch sunset without dreaming” memang bener enggak mungkin ada orang yang bisa nonton sunset tanpa bermimpi. Suasana sore yang mulai dingin sambil menonton jutaan warna di langit yang perlahan menghilang selalu pas banget buat kita berangan – angan dan bermimpi. Suasana pantai yang tenang dibarengin dengan deburan ombak selalu sukses mengambil hati para wisatawan. 
Credit Image to @candidmind

Berada tidak jauh dari pusat kota Belitung membuat Pantai Tanjung Pendam lebih mudah diakses. Pantai Tanjung Pendam juga menawarkan keindahan pantai yang berlokasi di pusat keramaian. Didepan pantai tanjung pendam juga ada warung kopi Kong Djie yang paling terkenal di Pulau Belitung. Asik juga nunggu sunset sambil menikmati kopi panas.

#3 Pulau Lengkuas

Mungkin bisa dibilang belum ke Belitung kalau belum mengunjungi tempat wisata di Belitung yang satu ini. Di pulau ini, Kamu bakal menemukan mercusuar setinggi 70 meter dengan 13 lantai. Naik keatas lantai paling atas memang butuh perjuangan, tapi sesampainya diatas semua perjuangan Kamu seakan terbayar lunas. Dari atas mercusuar ini, Kamu bisa melihat pulau – pulau kecil di sekitar pulau Belitung. 
Credit Image to @destiarianii

Di area pulau Lengkuas ini juga merupakan spot terbaik untuk snorkeling. Di area ini, Kamu bakal menemukan berbagai macam jenis ikan dan terumbu karang yang sangat cantik. Cobain deh eksplor taman bawah laut nya!

#4 Museum Kata Andrea Hirata

Enggak melulu pantai, tempat wisata di pulau Belitung juga menawarkan beberapa tempat wisata yang sangat cantik. Museum kata Andrea Hirata ini cocok banget buat Kamu yang suka karya seni. Pasti sudah tidak asing kan dengan nama Andrea Hirata? Sastrawan muda berbakat yang karyanya sempat terkenal di tahun 2008 ini berhasil memperkenalkan pulau Belitung ke khalayak ramai lewat film box office Laskar Pelangi dan Sang Pemimpi.

Credit Image to @cfcsiskha

Tidak ingin hilang begitu saja, Andrea Hirata mengabadikan karya – karya sastra nya di sebuah museum yang disebut museum kata. Didalam museum kata ini, bukan hanya ada karya sastra sang maestro, tapi disini juga ada warung kopi kecil yang bernama Kopi Kuli. Kalau udah kesampaian kesini, dosa besar kalau enggak nyruput kopinya!

#5 SD Laskar Pelangi

SD Laskar pelangi ini merupakan replika SD Muhammadiyah yang jadi lokasi shooting laskar pelangi. Replika SD Laskar pelangi ini menggambarkan sebuah sekolah yang kumuh, reot dan sangat tidak layak. Di film Laskar pelangi tersebut dikisahkan seorang anak dari keluarga yang sangat miskin tapi memiliki semangat belajar yang sangat tinggi. 
Credit Image to @kerinauliantika

Memasuki gerbang sekolah yang hanya terbuat dari bambu, serta bangunan sekolahnya yang kecil akan membuat Kamu lebih bersyukur betapa Kamu bisa mendapatkan pendidikan yang bagus dan tidak harus bersusah payah. Abadikan juga foto Kamu dan sahabat Kamu seakan – akan sedang belajar di sekolah biar mirip Laskar pelangi banget!

#6 Kampoeng Ahok

Sejak performa Ahok yang mengundang banyak pro dan kontra, tempat wisata di pulau Belitung pun juga semakin ramai pengunjung. Tidak ketinggalan area sekitar rumah bapak Ahok yang dibuat jadi tempat wisata. Di kampoeng Ahok, Kamu bisa menjumpai replika rumah Ahok saat sebelum di renovasi. Selain itu rumah Ahok yang sekarang juga terdapat galeri batik simpor khas Belitung.
Credit Image to @indah_wuland78

Kalau Kamu beruntung, penghuni rumah Ahok seperti ibu dan adik bapak Ahok kadang membuka rumahnya untuk umum. Kamu bisa berkunjung dan berkenalan dengan keluarga bapak Ahok. Mungkin dengan bercengkerama dan ngobrol dengan beliau, Kamu bisa mendapatkan pengetahuan atau mungkin sesuatu yang baru.

#7 Kopi Kong Djie

“Travel like local!” main ke tempat baru, ada baiknya bergaya seperti orang lokal. Penduduk asli Belitung hobi banget menghabiskan sore hari dengan nongkrong dan ngopi. Pantas kog kota manggar dikenal dengan kota 1001 kopi karena sepanjang jalan Kamu bakal menemukan banyak warung kopi berderet. Kopi kong djie yang tadinya Cuma warung, sekarang Kamu juga bisa temui di beberapa rumah makan yang lebih bersih dan luas.
Credit Image to @lovelyuli

Buat Kamu yang enggak suka kopi, Kamu wajib banget cobain cokelat panas ataupun teh nya! Rasanya mantap banget! Sebenarnya bukan masalah apa yang Kamu minum tapi kebersamaan yang terbina diantara mereka sangat kuat dan kompak.

#8 Danau Kaolin

Mana lengkap jalan – jalan ke Belitung tapi enggak mampir ke danau kaolin? Danau kaolin ini merupakan tempat penambangan timah yang sempat di obrak abrik oleh para penambang yang tidak bertanggung jawab.
Credit Image to @sefiiin

Kalau dilihat dari penampakannya, Kamu bisa melihat danau yang tadinya biru dan cantik menjadi bolong – bolong akibat di tambang. Jangan langsung sedih, Danau Kaolin ini masih tetap indah kog, masih tetap cantik menghiasi album instagram Kamu. Jadi jangan lupa mampir ke danau kaolin yah!

Jadi ternyata 8 tempat wisata di pulau Belitung ini adalah tempat wisata yang paling sering dikunjungi oleh para wisatawan saat berkunjung. Walaupun pulau nya kecil, tapi ternyata banyak menyimpan banyak potensi alam yang sangat cantik khas Indonesia. 







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bosen Nge-Mall Mulu? Top 8 Wisata Purwakarta Ini Bisa Jadi Ide Buat Menghabiskan Weekend

Hi Travellers! Weekend bosen ga kalau nge-mall mulu? 8 wisata Purwakarta ini bisa jadi ide cemerlang buat menghabiskan weekend Kalian! Wi...